Rabu, 28 November 2012

Rakuten Janjikan Anti Produk KW

Jakarta - Produk yang dijual di internet memang banyak yang menawarkan harga sangat miring, bahkan kadang tidak masuk akal. Namun awas, bisa jadi itu cuma produk KW alias palsu.

Nah, hal inilah yang coba dihindari oleh situs marketplace Rakuten Belanja Online. Perusahaan yang baru berekspansi setahun di Indonesia ini menjanjikan takkan menjual produk palsu.

"Rakuten berkomitmen untuk hanya menjual produk-produk asli. Jadi pembeli tidak perlu khawatir tertipu dengan barang palsu jika berbelanja di Rakuten," ujar Reino R. Barack, Direktur & Chief Marketing Officer Rakuten, dalam acara Ngopi bareng detikINET, Senin (19/6/2012) malam.

Artinya jika ada merchant di Rakuten yang menjual tas mewah Hermes, maka sebelumnya Rakuten sebagai 'induk semang' harus memastikan bahwa si penjual menjajakan tas Hermes asli.

"Faktor kepercayaan di sini sangat penting untuk bisnis di internet. Sebab ketika ada masalah tentu bakal cepat menyebar di internet," kata Reino.

"Rakuten juga ikut memberdayakan pemerintah karena setiap merchant harus merupakan perusahaan resmi yang memiliki NPWP. Dengan demikian ada kontribusi pembayaran pajak dari merchant terhadap pemerintah," lanjutnya.

Target merchant Rakuten sendiri tidak hanya fokus pada pemain-pemain besar macam Mustika Ratu, Electronic Solutions, dan lainnya. Tapi juga usaha kecil dan menengah (UKM) yang perlu diberdayakan mengingat kontribusinya terhadap perekonomian nasional.

Salah satu fasilitas yang digunakan Rakuten untuk bertransaksi adalah sistem COD (cash on delivery) atau menjadikan minimarket Alfa Midi sebagai tempat pengambilan barang yang dibeli di Rakuten. Alfa Midi yang bekerja sama umumnya yang beroperasi 24 jam sehingga pembeli bisa mengambil barang kapan saja.

Rakuten sendiri baru saja merayakan hari jadinya pada awal Juni lalu. Setahun setelah ekspansinya di Indonesia, trafik ke situs ini diklaim melonjak hingga 8 kali lipat dibandingkan dengan awal peluncurannya. Transaksi juga terkatrol hingga 20 kali lipat di periode yang sama. 

Pencapaian penting lainnya selama tahun pertama beroperasi termasuk peningkatan signifikan dalam jumlah item yang tersedia, dari 40.000 pada hari pembukaannya menjadi 200.000 item. 

Bisnis retail di Indonesia telah merangkul Rakuten seperti terlihat dari penambahan 220 merchant dalam satu tahun terakhir ini. Merchant ternama seperti Best Denki, Electronic Solutions, Yamaha, Mustika Ratu, Martha Tilaar dan Kinokuniya menjadi beberapa di antaranya.

0 komentar:

Posting Komentar